Saturday, May 25, 2013

Upgrade Android Ice Cream Sandwich Xperia Ray via PC Companion

Halo Pembaca! Sebenarnya sudah sejak saya mengakuisisi microSD Team 16GB kelas 10, saya sudah mengupgrade sistem operasi Android 2.3 Gingerbread bawaan Xperia Ray ke Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich resmi dari Sony melalui software PC Companion. Padahal, sebentar lagi Sony merilis update Android 4.1.2 Jelly Bean untuk smartphone besutannya, sayangnya, Xperia generasi 2011 termasuk Xperia Ray gak dapet jatah update Jelly Bean dari Sony Confused smile. Bagi pengguna Xperia 2011 yang pengen mencicipi Android Jelly Bean harus UBL dan gunakan custom ROM berbasis JB yang ada. Bagi saya, gak update ke Jelly Bean gak gitu masalah, pake ICS ini aja masih belum dapat memaksimalkan fitur yang ada. Oke, berikut step-by-step upgrade Xperia Ray ke Android 4.0.4 ICS melalui software PC Companion, ini yang perlu disiapkan :
  • Smartphone Sony Ericsson Xperia Ray yang masih Android 2.3 Gingerbread
  • Komputer/laptop dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 7
  • Download dan instal software PC Companion, klik disini
  • Kabel data yang kompatibel
  • Koneksi internet yang ngebut dan stabil. Penting nih, jangan sampai proses upgrade brenti ditengah jalan gara-gara koneksi dewa tapi gak stabil Smile with tongue out
  • Secangkir kopi biar gak ketiduran pas nungguin proses upgrade Coffee cup
Pada artikel kali ini, saya pakai netbook tua Acer Aspire One 531H dengan sistem operasi Windows 8. Oke langsung saja hidupkan laptop/komputer trus pastikan sudah tersambung dengan koneksi internet. Kali ini saya pake koneksi internet 3,5G HSDPA dari sulasTRI, seliain murah, koneksinya cukup stabil ditempat saya. Oke, tancapkan Xperia Ray dan jalankan PC Companion.
ray
Setelah PC Companion mendeteksi Xperia Ray, klik A phone software update is available

Klik Update
ray3
Baca dulu poin-poin diatas, atau kalo gak langsung klik Accept Smile with tongue out

Di step ini, tombol Continue secara default tidak aktif, agar bisa di Continue, klik dulu tautan Learn more about Android 4.0, baru deh klik Continue
ray6
Ikuti instruksi di atas, putuskan sambungan USB dan pastikan baterai minimal sisa 50%, trus matiin Xperia Ray nya, tunggu 5 detik. Setelah itu, sambungkan kabel USB bersamaan dengan menekan tombol volume down.

Proses download berjalan, tunggu sampe selese. Lamanya proses ini tergantung seberapa kencang koneksi internet yang dipakai. Saya pake HSDPA dari sulasTRI nyampe sekitar 30 menitan lebih Open-mouthed smile

Setelah proses download, diteruskan proses update. Ini memakan waktu sekitar 15-25 menitan Smile

Proses upgrade Android 4.0.4 ICS selesai, cabut kabel USB dan hidupkan Xperia Ray nya. Pas pertama kali dihidupkan, bakal makan waktu lama dan kadang restart. Klik Next.

Klik Finish.
Jika setelah proses upgrade gagal atau Xperia Ray jadi bermasalah, proses ini dapat diulangi lagi. Oke sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

1 comments:

Anonymous said...

lengkap sekali min penjelasannya...
http://cody.id/produk/multitester/

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger templates

Copyright © 2012. valenza.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz